kenapa??

Thursday, 25 December 2008

gue bingung apa yang mereka mau sebenernya dari gue?? kenapa gue selalu salah di mata mereka?? apa lagi dimata nyokap. kayaknya semua salah. mereka ngga pernah mau bangga sekali aja atas apa yang udah gue lakuin. apa lagi setelah nilai gue turun waktu gue kelas 6 sd. tapi pleaseeeeeee dong!! itu udah 2 tahun yang lalu!! kenapa mereka masih ngungkit itu sampe sekarang?? kenapa?? kenapa mereka selalu mandang rendah gue. bahkan walaupun nilai gue tinggi, mereka ngga akan pernah bangga. mereka cuma bilang "waah hebat." tanpa kedengeran ato keliatan ekspresi yang seneng. giliran gue dapet jelek, mereka bakal bilang "kamu sih kurang belajar, kurang serius, maen mulu.. bla bla blaa..."

mereka ngga mau tau kalo nilai gue bagus. seakan akan itu hal yang emang harus gue lakuin. harus gue dapetin. dan mereka selalu jelek jelekin gue kalo nilai nilai gue turun. padahal mereka ngga tau usaha gue!! mereka ngga tau kalo gue juga udah belajar. mereka selalu bandingin gue sama kaka gue!! oke lah, gue bego, gue ngga sepinter kaka gue. mereka emang pinter, nilai mereka bagus bagus. tapi ngga usah gitu juga dong!

mereka pasti bangga kalo yang dapet nilai bagus tuh kaka kaka gue dan bukan gue. mereka bakal bangga setengah idup kali! giliran gue?? waktu itu aja pas gue cerita ke nyokap gue gini :

gue : "bun, tadi kan aku liat nilai UUB, terus pas aku liat tuh aku dapet 9.60 gitu.. terus aku kan seneng gitu. kayak kaget kaget gitu bun. terus kata guruku gini 'kenapa may? ko gitu mukanya? biasa aja kali. kamu kan emang pinter' aku kan bangga bun."

eh nyokap gue bilang : "salah itu guru kamu bilang kayak gitu"

nyakitin ngga sih?? gue tuh pas nyokap bilang gitu, gue pengen nangis. cuma gimana... ntar nyokap malah ngomong yang lebih parah.. yaudah gue diem aja. apa sih maunya?? gue sakit hati bangeeet... kenapa sih ngga pernah terima gue pinter sekali aja?? ngga mau bangga sama gue sekali aja?? mereka ngga tau usaha gue kayak apa!! makanya mereka ngga bisa bangga sama nilai nilai gue!! mereka ngga tau gue udah usaha susah susah, jadi mereka ngga tau kenapa gue bangga banget walaupun gue cuma dapet 9!!

bahkan temen temen gue aja ngaku kok kalo gue pinter. kenapa mereka ngga? selalu bilang gue kebanyakan maen. selalu naro kesalahan di gue!! please dong mereka ngertiin gue sebentaaaaaaaaaaaaaar aja!! ikut bangga bareng gue!! ikut seneng!! walopun cuma sekali.. 

mereka selalu berharap gue dapet nilai yang tinggi bangeeeet.. kaya nilai kaka gue.. tapi gimana?? gue cuma mampunya gitu. itu juga udah banget bangetan.. mau apa lagi?? gue emang ngga sepinter kaka gue. gue bego, gue ngaku kok. tapi ngga usah gitu kan mereka. terus terusan ngungkit nilai agama gue yang emang jelek banget waktu kelas 6, bayangin!! 6,7.. jelek banget kaan.. tapi kan ngga usah diungkit sampe sekaraaaaaaang.. bete tau!! tiap gue ulangan pasti bilang "kamu jangan sampe salah teknis kayak waktu itu ya"

terus waktu kelas 7, waktu nilai gue jelek nyokap bilang gini "kamu sih kebanyakan maen, tuh liat tugas banyak yang kosong. makanya kalo guru ngomong dengerin!! contoh tuh kaka mu" pengen rasanya gue teriak tau ngga!! tapi gue cuma bilang "apaan sih, enak aja, bunda aja yang ngga tau. lagi pula siapa yang maksa aku masuk biling?? siapa yang nyuruh aku? giliran aku udah masuk, ngga ada yang bisa ngajarin!!" dan gue langsung ninggalin nyokap abis itu. agak durhaka emang, tapi coba lo bayangin.. lo dipaksa masuk ke biling, yang lo sama sekali ngga tau gimana. udah gitu transisi dari sd ke smp. gimana rasanya?? bahasanya lo ngga ngerti. cara belajarnya lo ngga ngerti. terus ngga ada yang bisa bantuin lo. apa sih yang bisa lo lakuin?? wajar aja dong kalo nilai gue waktu itu jeblok banget. toh mereka juga ngga bantuin gue.

dan lo mesti tau!! kaka gue juga ngga bantuin.. gue mesti gimana?? sebenernya kaka gue mau bantuin, tapi... mesti gue translate.. lah orang gue ngga ngerti, gimana nranslatenya??? jadilah gue tanpa bantuan.. padahal waktu itu aja guru kelas gue bilang gini "ibu tau kalian udah berusaha semampu kalian, ibu juga udah berusaha bantu sebisa ibu. kalian sekarang tinggal berdoa. minta yang terbaik. kalo yang terbaiknya kalian naek kelas, ya kalian naek kelas, tapi kalo engga, yaudahlah jalanin aja.. mungkin itu emang yang terbaik.." bahkan wali kelas gue yang ngga ada hubungan darah aja ngomong gitu. tetep nyemangatin gue. dan dia berkali kali bilang kalo gue itu sebenernya pinter, cuma gue kurang ngerti apa yang diajarin. tapi nyokap gue?? nyemangatin gue aja ngga pernah!!

terus ya, waktu gue bilang UUB IPS gue 7,40. nyokap gue malah bilang "ko kamu gitu lagi sih?? kenapa?? kalo belakar ngga pernah serius sih.. ol mulu!!".. APA SIH MAUNYA???? ini salah, itu salah... semuanya aja salah!!!

why can't they proud of me even just at once??

1 comments:

rffebrina said...

hey..
parents always like that you know..
i've been in your position..
and i guess all parents always like that..

have you ever asked them?
what exactly they want?
i did..and they said they just want me to be happy..they want me to be example for my sister..
do you have any idea how heavy is that??
being something that you dont want to, but you have to..

just take a deep breath, and think again..
you will know..
semangatlah!! lo lebih pinter dari gw,,and you know that, do you? :p

Post a Comment

 
ugh. Design by Pocket